Jenis Casing PC Mana Yang Ideal Buat kalian?

Memiliki casing pc yang baik itu enggak selalu dilihat dari bentuk desain yang kerennya aja, namun juga ukuran bisa menjadi faktor penentu lainnya agar semua kebutuhan kalian pada sebuah Rig bisa terpenuhi. Dan ketika kalian masih bingung dalam menentukan ukuran Casing PC yang tepat dan ideal buat kalian sebelum membangun PC impian, maka mengetahui makna sebenarnya dari ukuran casing PC bisa memberikan tambahan keputusan yang tepat sebelum kalian mengeluarkan budget.

Jadi, simak selengkapnya mengenai penjelasan dasar tentang jenis Casing PC pada umumnya yang bisa memberikan manfaat tersendiri buat kalian.

Jenis Casing PC Mana Yang Ideal Buat kalian? Simak Penjelasannya disini

Pada dasarnya, ukuran Casing PC biasanya mengacu pada bentuk faktor motherboard yang bisa ditampung pada PC case, diantaranya adalah ATX, Micro ATX Dan Mini-ITX. Namun ini lebih ke istilah kompabilitas, karena pada dasarnya ada istilah yang lebih luas ketika kalian ingin mengetahui ukuran dasar dari sebuah PC Case, diantaranya adalah :

1. Full Tower Case

Ketika kalian menginginkan sebuah hegemoni bagaimana besarnya casing PC bisa hadir, maka istilah Full Tower bisa mengacu pada hal tersebut. Casing dengan tipe Full Tower biasanya memiliki ukuran terbesar, yang bisa menampung banyak komponen PC. Disamping itu, Casing ini biasanya hadir dengan memiliki ketinggian minimal 55cm dengan ruang yang sangat luas.

Casing PC

Dan biasanya, Casing Full Tower bisa ideal bagi mereka yang menginginkan show of totalitas PC Rig mereka dengan banyak komponen hebat, canggih, atau bahkan memiliki sistem pendinginan yang super lengkap seperti full watercooling custom atau juga CPU Cooler maupun motherboard terbesar dari apa yang mereka miliki.

Cuman, casing bertipe Full Tower tentu tidak datang dengan murah, nilai mobilitas paling buruk, bobot paling berat termasuk butuh ruang extra untuk menyimpannya. Jadi, tidak sembarangan orang bisa memilikinya, terlebih lagi jika kebutuhan mereka hanya untuk rig kasual saja.

2. Mid-Tower Case

Sedangkan untuk Mid-Tower Case, pilihan casing ini biasanya bisa dibilang sebagai sweet spot dan banyak orang menggunakannya sebagai pilihan casing umum, termasuk paling banyak hadir di pasaran. Tentu, itu karena sisi kompabilitas dan pilihan komponen yang bisa ditampung sangat luas, bahkan mendukung pendinginan yang juga luas.

Intinya, kalian bisa memasang banyak komponen ideal hari ini melalui casing PC berjenis mid-tower tanpa harus khawatir dalam hal sisi kompabilitas, termasuk dukungan mobo ATX maupun CPU Cooler premium yang cukup besar. Nilai harga pun bisa bervariasi, bahkan kalian bisa menemukan harganya dibawah 1 jutaan dengan banyak pilihan.

Cuman, dukungan mobilitas juga agak terbatas, butuh ruang yang juga cukup besar, meski tidak sebesar dari apa yang bisa ditawarkan oleh PC case Full Tower. Dan biasanya, ukuran casing ini memiliki tinggi rata-rata sekitar 46cm paling tinggi dengan drivebay antara 2 hingga 4 pilihan.

3. Mini-Tower Case

Namun jika kalian menginginkan bentuk casing yang jauh lebih kecil dibanding Mid-Tower, maka pilihan Mini-Tower Case tentu layak banget untuk kalian pertimbangkan. PC Case jenis ini mungkin agak terbatas dalam ruang kompabilitas, seperti dukungan mobo yang lebih kecil, ruang yang agak sempit, dan biasanya casing ini memiliki hingga 2 atau kadang-kadang 3 ruang drive internal dengan ketinggian rata-rata dibawah 40cm atau bahkan lebih kecil. Dukungan pendinginan pun agak terbatas.

Cuman, sisi estetika tidak kalah hebatnya, bahkan cukup unik untuk show off rig PC kalian dengan bentuk yang cukup seru untuk diungkap. Disamping itu, casing ini memiliki dukungan mobilitas yang lebih baik dibanding casing Mid tower, termasuk tidak membutuhkan ruang yang cukup luas.

4. SFF Case

Casing berjenis SFF atau Small Form Factor biasanya memiliki ukuran paling kecil dan memiliki bentuk yang tidak biasanya hadir pada casing PC pada umumnya. Disamping itu, seri ini biasanya dikhususkan untuk pilihan komponen PC tertentu yang juga memiliki bentuk faktor SFF dengan ruang yang sangat minimalis.

Hasilnya, casing dengan tipe SFF tentu memiliki kompabilitas yang sangat terbatas, bahkan kalian perlu komponen khusus untuk bisa memasangnya pada casing pc tersebut. Contohnya, kalian perlu memiliki mobo khusus yang sangat kecil untuk bisa dipasang pada SFF, termasuk juga pilihan komponen lainnya seperti PSU atau bahkan kartu grafis.

Cuman, SFF PC Case tentu punya nilai yang unik dan bawa kesan tersendiri, tidak butuh ruang yang benar-benar besar, bahkan kalian bisa bawa casing berjenis SFF kemana saja dengan mudah, tanpa harus mengalami banyak kerepotan.

Jadi, itu dia penjelasan kita tentang beberapa jenis Casing PC yang udah banyak beredar di pasaran hari ini. Yang pasti, semoga bermanfaat dan bisa bantuk kalian buat nentuin keputusan saat membeli casing pc yang ideal banget dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

sumber: www.idmods.com

 

0 likes (You must login to like)

Leave a comment