Intel akan Meluncurkan Processor 7nm pada 2021, Arsitektur Grafis Xe 7nm , Arsitektur Ice Lake

Credit: Intel

intel mengadakan pertemuan investor Tahun 2019 pada  hari ini, ini pertama kali sejak 2017, dan CEO Bob Swan mengumumkan bahwa Intel akan meluncurkan proses 7nm pada 2021 untuk menantang produk 5nm TSMC.

Intel Xe graphics akan menjadi produk 7nm terdepan, dimana akan datang pada saat distrik 10nm pertama intel pada tahun 2020. Perusahaan juga meluncurkan diagram blok pertama dari arsitektur Ice Lake dan mengumumkan bahwa prosesor Tiger Lake 10nm barunya akan datang ke pasar pada tahun 2020.

Intel belum secara resmi mengungkapkan timeline untuk proses 7nm sebelumnya, tetapi Swan mengindikasikan bahwa tindakan cepat untuk proses 10nm ini mencerminkan kecepatan pada produksi. Itu tidak sepenuhnya mengejutkan mengingat kesulitan yang dialami perusahaan dengan 10nm yang telah lama tertunda yang akhirnya muncul pada bulan Juni.

Credit: Intel

Intel juga mengumumkan bahwa Xe GP-GPU (General-Purpose Graphics Processing Unit) untuk pusat data akan menjadi produk 7nm pertama yang datang ke pasar, diperkirakan pada tahun 2021. Prosesor 7nm berikutnya dari Intel akan datang dalam bentuk pusat data Xeon.

Swan menunjukkan bahwa margin kotor perusahaan akan berpengaruh dikarenakan menyesuaikan produksi 10nm dan 7nm. Intel 7nm akan menjadi produksi massal pertama perusahaan dari proses  yang menggunakan teknologi litografi EUV (ultraviolet ekstrim), memberikan peningkatan kepadatan 2X dibandingkan dengan 10nm. Ini juga akan menggunakan kemasan EMIB dan Foveros dengan produk 7nm. Intel juga mengharapkan peningkatan 15% dalam kinerja transistor dan peningkatan 20% dalam kinerja-per-watt.

Credit: Intel

Dr. Murthy Renduchalata menelusuri lebih dalam pada kesulitan yang akan dihadapi Intel dalam prosesnya menuju 10nm, seperti mengambil terlalu banyak risiko pada tujuan desain pada 10nm. Perusahaan berencana untuk mengatasi ini di masa depan dengan mendefinisikan kembali harapan untuk pengembangan prosessornya. Intel juga berencana untuk fokus pada optimisasi node baru dari node-node barunya, yang berarti lebih banyak langkah “+++” untuk semua teknologi proses masa depannya. Di masa depan, Intel berencana untuk memberikan keuntungan Hukum satu Moore di awal setiap node, dan satu lagi di revisi akhir node. Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, Intel akan tumpang tindih 10nm ++ node dan 7nm pada 2021, dengan 7nm mengambil peran penuh pada 2022

Arsitektur Grafis Xe – 7nm pada tahun 2021

Intel akan menggunakan EMIB (Embedded Multi-Die Interconnect Bridge) dan teknologi 3D Foveros untuk Arsitektur Grafis Xe. Intel juga mengungkapkan bahwa desain GP-GPU baru akan memberi daya pada superkomputer Aurora exascale.

Credit: Intel

Intel, Dr. Murthy Renduchintala juga meluncurkan desain baru perusahaan , konseptual desain MCM (Multi-Chip Module) (kanan) dengan beberapa chip XPU, yang menunjukkan ini bukan hanya CPU yang diikat dengan kain. Mengingat referensi Intel terhadap arsitektur heterogen melalui EMIB untuk Xe Graphics-nya, ini bisa menjadi potensi render dari Xe Graphics Architecture.

10nm Ice Lake Akan hadir di bulan Juni

Credit: Intel

Intel juga meluncurkan diagram blok pertama dari prosesor Ice Lake 10nm. Kita sudah tahu desain ini menampilkan arsitektur inti Sunny Cove. Intel mengatakan Ice Lake akan menampilkan 2X kinerja grafis (berdasarkan grafis terintegrasi Gen11), 2.5X hingga 3.5X kinerja AI, dan 3X kecepatan nirkabel chip Coffee Lake. Seperti yang dapat kita lihat, Intel lebih memilih arsitektur ring bus daripada berpindah ke desain mesh yang lebih baru, dan memiliki controller USB Type-C terintegrasi on-die.

Credit: Intel

Intel juga akan merilis 10nm CPU untuk pasar klien dan server, 10nm AgileX FPGA, 10nm Nervana NNP-I, tujuan umum GPU 10nm, dan SnowC 5G-ready SoC, semua pada 2019 dan 2020.

Cooper Lake and Ice Lake untuk Data Center

Credit: Intel

Intel juga akan memunculkan server 10nm pada Quartal pertama tahun 2020. Intel mengumumkan bahwa prosesor pusat data Ice Lake-SP sudah dikirim ke pelanggan terkemuka, dan bahwa prosesor 14nm Cooper Lake berada di jalur untuk pengiriman 2020. Perusahaan mengatakan prosesor baru ini akan datang dengan core lebih banyak dari model yang ada. Dari perspektif yang lebih besar, Intel berupaya untuk mempersingkat penundaan antara peluncuran prosesor server, hingga kira-kira satu rilis setiap empat hingga lima kuartal.

Kekurangan, NAND, dan Bit Lainnya

Swan mengatakan bahwa pasokan chip 14nm akan terus meningkat, dengan ketersediaan yang diharapkan cukup  pada kuartal keempat. Intel juga mengumumkan bahwa mereka tidak akan membangun kapasitas produksi NAND baru tahun ini, tetapi akan mengirimkan 96-lapisan NAND pada paruh kedua tahun ini. Intel juga menjajaki kemitraan sebelum bergerak maju di depan memori flash. Intel dikabarkan akan berbicara dengan Tsinghua Unigroup, sebuah perusahaan yang didukung oleh pemerintah Cina, sebagai mitra produksi NAND yang potensial.

 

 

sumber:tomshardware-com

Leave a comment